Sesuai Peraturan Bupati Ponorogo No 70 tahun 2016 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu mempunyai tupoksi sebagai berikut :

Kepala Dinas

Kepala Dinas mempunyai tugas memimpin, mengkoordinasikan, melaksanakan, mengawasi dan mengendalikan serta memberikan pembinaan administrasi dibidang Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan dan Non Perijianan

Sekretariat

Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan koordinasi penyusunan program, evaluasi dan pelaporan, administrasi umum, administrasi kepegawaian, keuangan, perlengkapan dan rumah tangga Dinas.

Fungsi :

  1. Penyusunan rencana dan program Dinas;
  2. Pengelolaan administrasi dan pembinaan kepegawaian di lingkungan Dinas;
  3. Pengelolaan administrasi keuangan dan pembayaran gaji pegawai;
  4. Pengelolaan surat menyurat, kearsipan, ketatalaksanaan dan kepustakaan Dinas;
  5. Penyelenggaraan inventarisasi kekayaan/asset di lingkungan Dinas;
  6. Penyelenggaraan protokoler, humas dan perjalanan Dinas;
  7. Pelaksanaan koordinasi, pembinaan, pengendalian, evaluasi dan pelporan pelaksanaan unit kerja;
  8. Pengumpulan bahan dan pelaksanaan peningkatan kinerja organisasi Dinas; dan
  9. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Dinas.

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas melaksanakan koordinasi, pembinaan dan pengendalian pelaksanaan tugas dan melaksanakan kebijakan teknis administrasi umum dan kepegawaian

Fungsi :

  1. Menyusun rencana kerja sub bagian;
  2. Melaksanakan urusan rumah tangga, ketertiban, keamanan dan kebersihan di lingkungan kerja;
  3. Melaksanakan penyiapan rencana kebutuhan pengadaan sarana dan prasarana;
  4. Melaksanakan pengurusan pengadaan, penyimpanan, pendistribusian dan inventarisasi sarana dan prasarana dinas serta asset lainnya;
  5. Melaksanakan pemeliharaan dan perawatan sarana prasarana dinas dan asset lainnya;
  6. Melaksanakan urusan umum yang meliputi bidang ketatausahaan, rumah tangga, perlengkapan, humas, protocol dan perpustakaan;
  7. Melaksanakan urusan surat-menyurat, kearsipan, dokumentasi, pengadaan dan ekspedisi;
  8. Melaksanakan pengumpulan, pengolahan, penyimpanan dan pemeliharaan data kepegawaian;
  9. Melaksanakan penyiapan dan pengusulan kenaikan pangkat pegawai, gaji berkala, pensiun, serta pemberian penghargaan;
  10. Melaksanakan penyiapan bahan daftar penilaian pekerjaan, daftar urut kepangkatan, dan daftar dislokasi pegawai;
  11. Melaksanakan penyiapan pegawai yang akan mengikuti pendidikan dan pelatihan structural, teknis dan fungsional serta ujian dinas;
  12. Melaksanakan penyiapan bhana pembinaan kepegawaian dan disiplin pegawai;
  13. Menyiapkan bahan standar kompetensi pegawai, tenaga teknis dan fungsional;
  14. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan sub bagian;
  15. Melaksanakan tugas laina yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Keuangan, Penyusunan Program dan Pelaporan mempunyai tugas melaksanakan administrasi keuangan di lingkungan Dinas dan menyiapkan bahan serta melaksanakan penyusunan program dan pelaporan kegiatan Dinas.

Fungsi :

  1. Menyiapkan bahan dalam rangka koordinasi dan penyusunan program dan kegiatan Dinas;
  2. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi hasil program kerja Dinas;
  3. Menganalisa hasil pelaksanaan program Dinas;
  4. Penyusunan laporan pelaksanaan dan pencapaian kinerja program/kegiatan Dinas;
  5. Pelaksanaan evaluasi dan penyiapan bahan peningkatan pelayanan public di lingkungan Dinas;
  6. Penyiapan bahan dan pelaksanaan penyusunan anggaran keuangan Dinas;
  7. Pelaksanaan pengelolaan keuangan, pembukuan, perhitungan dan verifikasi serta perbendaharaan Dinas;
  8. Pembayaran gaji pegawai di lingkungan Dinas;
  9. Penyusunan laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan pengelolaan keuangan Dinas;
  10. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsinya.

Bidang Penanaman Modal dan Kerjasama mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas di bidang perencanaan, pengembangan, promosi dan kerjasama serta tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.

Fungsi :

  1. Penyusunan rencana umum, rencana strategis, Perencanaan dan Pengembangan di Bidang Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan;
  2. Penyusunan dan penetapan kebijakan penanaman modal daerah;
  3. Perumusan dan penetapan pedoman bimbingan, perencanaan dan pengembangan penanaman modal;
  4. Mengumpulkan, mengolah dan menyusun bahan koordinasi dan pengintegrasian perencanaan dan pengembangan serta promosi dan kerjasama di bidang penanaman modal;
  5. Fasilitasi dan koordinasi pelaksanaan promosi dan peningkatan kerja sama di bidang penanaman modal dengan dunia usaha, baik swasta/pemerintah dan intansi terkait maupun dari pihak luar negeri;
  6. Bimbingan, pembinaan dan pelaksanaan promosi dan Kerjasama di bidang penanaman modal;
  7. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Seksi Perencanaan dan Pengembangan Penanaman Modal mempunyai tugas melaksanakan koordinasi penyusunan program pengembangan penanaman modal

Fungsi :

  1. Melaksanakan penyusunna rencana umum, rencana strategis Perencanaan dan Pengembangan Penanaman Modal dan perizinan;
  2. Melaksanakan penyusunan peta potensi dan sumber daya daerah;
  3. Penyusunan Klaster Industri potensi daerah;
  4. Melaksanakan koordinasi perencanaan dan pengembangan di bidang penanaman modal;
  5. Menyusun bahan pelaksanaan bimbingan teknis perencanaan dan pengembangan di bidang penanaman modal;
  6. Menyusun bahan inventarisasi dan identifikasi calon mitra usaha;
  7. Melaksanakan usulan prioritas bidang penanaman modal;
  8. Menghimpun dan menganalisa hasil kajian penanaman modal;
  9. Melaksanaan perumusan dan menyiapkan usulan pemberian fasilitas penanaman modal;
  10. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Seksi Promosi dan Kerjasama mempunyai tugas melaksanakan koordinasi dan penyusunan program promosi dan kerjasama

Fungsi :

  1. Melaksanakan bimbingan, pembinaan, pengembangan dalam rangka promosi, investasi, pemasaran dan kerja sama dengan dunia usaha, pemerintah dan instansi terkait;
  2. Melaksanakan penyusunan bahan-bahan dan penyiapan sarana promosi dan kerjasama di bidang penanaman modal;
  3. Melaksanakan publikasi dan distribusi bahan-bahan promosi penanaman modal;
  4. Melaksanakan fasilitasi kerjasama antar dunia usaha;
  5. Melaksanakan fasilitasi kerjasama antar dunia usaha dengan Pemerintah Daerah;
  6. Melaksanakan pengawasan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan kegiatan bidang promosi dan kerjasama;
  7. Menyiapkan bahan fasilitasi kemitraan (match making) antara usaha mikro, kecil, menengah dengan usaha besar;
  8. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Bidang Data, Informasi dan Pengendalian mempunyai tugas melaksanakan pengkajian bahan perumusan kebijakan teknis pedoman penyelenggaraan perizinan dan penanaman modal serta monitoring dan evaluasi di Bidang Informasi, data dan sistem informasi.

Fungsi :

  1. Menyusun rencana dan program kerja;
  2. Menyelenggarakan pengelolaan data, informasi dan permasalahan yang berkaitan dengan pengaduan, pengawasan dan pengendalian;
  3. Menyelenggarakan layanan pengaduan;
  4. Menyelenggarakan pengawasan dan pengendalian terhadap proses pelayanan perizinan dan non perizinan;
  5. Mengelola berkas permohonan, salinan perizinan dan non perizinan;
  6. Menyelenggarakan monitoring, bimbingan dan pembinaan serta sosialisasi terhadap pelaksanaan ketentuan perizinan;
  7. Menyelenggarakan kegiatan survey kepuasan masyarakat;
  8. Mengkoordinasikan pencabutan dan pembatalan perizinan dan non perizinan;
  9. Menginventarisasi, mengidentifikasi dan menyiapkan bahan pemecahan permasalahan sesuai bidang tugasnya;
  10. Memberikan saran dan/atau pertimbangan kepada atasan mengenai langkah atau tindakan yang diambil sesuai bidang tugasnya;
  11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.

Seksi Data dan Informasi mempunyai tugas melaksanakan koordinasi dan inventarisasi informasi yang berkaitan dengan pelayanan dan data perizinan/non perizinan.

Fungsi :

  1. Melaksanakan perumusan dan pengkajian kebijakan teknis di bidang pelayanan informasi, data dan sistem informasi;
  2. Melaksanakan tugas teknis dan operasional di bidang pelayanan informasi, data dan sistem informasi;
  3. Melaksanakan kegiatan sosialisasi perizinan dan penanaman modal;
  4. Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja lain;
  5. Melaksanakan penyusunan, pengkajian dan penyelenggaraan sistem informasi dan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang data secara elektronik maupun manual;
  6. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang pelayanan informasi dan data;
  7. Melaksanakan pemutkhiran system informasi dan data pelayanan perizinan dan penanaman modal;
  8. Menyimpan dan mengelola berkas permohonan dan salinan perizinan;
  9. Pengembangan system informasi pelayanan perizinan dan penanaman modal yang terintegrasi dengan pemerintah dan provinsi;
  10. Melaksanakan penyusunan bahan pelaporan tugas secara rutin dan insidental;
  11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Seksi Pengawasan, Pengendalian dan Pengaduan mempunyai tugas melaksanakan koordinasi dan perencanaan kegiatan yang berkaitan dengan layanan pengaduan dan pengendalian, pengawasan pelayanan perizinan dan non perizinan.

Fungsi :

  1. Melaksanakan perumusan dan pengkajian kebijakan teknis di bidang pengawasan, pengendalian dan pengaduan pelayanan perizinan dan penanaman modal;
  2. Melaksanakan tugas teknis dan operasional di bidang pengawasan, pengendalian dan pengaduan pelayanan perizinan dan penanaman modal;
  3. Melaksanakan pengkajian dan penilaian atas laporan kegiatan penanaman modal dan pelayanan perizinan;
  4. Melakukan pembinaan kegiatan pelayanan perizinan dan penanaman modal;
  5. Melaksanakan penyusunan, pengkajian dan penyelenggaraan penilaian indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan perizinan serta merumuskan hasilnya;
  6. Melayani, menindaklanjuti dan membuat rumusan solusi pemecahan pengaduan sesuai hasil rapat koordinasi;
  7. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas di bidang pengawasan, pengendalian dan pengaduan;
  8. Melaksanakan penyusunan bahan pelaporan tugas secara rutin dan incidental;
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.

Bidang Pelayanan mempunyai tugas melaksanaan koordinasi di Bidang Pelayanan dan Pemrosesan serta Informasi perizinan dan non perizinan serta penanaman modal.

Fungsi :

  1. Menyusun rencana kegiatan;
  2. Menyiapkan bahan kerja;
  3. Menyelenggarakan pengelolaan data dan sistem informasi yang berkaitan dengan pelayanan perizinan dan non perizinan;
  4. Memberikan pelayanan informasi proses pelayanan perizinan dan non perizinan;
  5. Menyelenggarakan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) perizinan dan non perizinan serta penanaman modal;
  6. Menyelenggarakan koordinasi jadwal pelaksanaan pemeriksaan lokasi dan waktu penyelesaian perizinan dan non perizinan;
  7. Mengelola data berkas permohonan perizinan dan non perizinan;
  8. Menyelenggarakan pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan Sistem Informasi Manajemen (SIM) perizinan dan non perizinan;
  9. Menginventarisasi, mengidentifikasi dan menyiapkan bahan pemecahan permasalahan sesuai bidang tugasnya;
  10. Memberikan saran dan/atau pertimbangan kepada atasan mengenai langkah atau tindakan yang diambil sesuai bidang tugasnya;
  11. Melaksanakan penyusunan bahan pelaporan tugas secara rutin dan insidental;
  12. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.

Seksi Pendaftaran dan Verifikasi mempunyai tugas melaksanakan koordinasi, verifikasi dan kajian teknis dan administratif di bidang layanan perizinan dan non perizinan

Fungsi :

  1. Menyusun rencana kegiatan;
  2. Menyiapkan bahan kerja;
  3. Mengumpulkan dan mengolah data, informasi dan permasalahan yang berkaitan dengan tugas pelayanan perizinan dan non perizinan;
  4. Memberikan pelayanan terhadap informasi dan permohonan perizinan dan non perizinan;
  5. Meneliti kelengkapan berkas permohonan dan menyerahkan bukti pendaftaran;
  6. Melaksanakan entry data berkas permohonan dan membuat laporan data pemohon;
  7. Menyusun bahan koordinasi permasalahan pendaftaran perizinan dan non perizinan;
  8. Menginventarisasi, mengidentifikasi dan menyiapkan bahan pemecahan permasalahan sesuai bidang tugasnya;
  9. Memberikan saran dan/atau pertimbangan kepada atasan mengenai langkah atau tindakan yang diambil sesuai bidang tugasnya;
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya; dan
  11. Mengevaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas.

Seksi Pemrosesan dan Penerbitan mempunyai tugas melaksanakan koordinasi yang berkaitan dengan pemrosesan dan penerbitan ijin sesuai hasil kajian dan verifikasi secara teknis dan administratif.

Fungsi :

  1. Menyiapkan bahan kerja;
  2. Menyelenggarakan pengolahan data, informasi dan permasalahan yang berkaitan dengan pemrosesan dan penerbitan perizinan dan non perizinan.
  3. Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian permohonan perizinan dan non perizinan;
  4. Menyelenggarakan koordinasi kegiatan pemeriksaan lokasi;
  5. Menyelenggarakan pembinaan dan pembekalan teknis kepada patugas lapangan;
  6. Menyelenggarakan perhitungan dan penetapan besarnya retribusi;
  7. Menyelenggarakan kajian teknis bersama SKPD Teknis terkait terhadap berkas permohonan yang memerlukan kajian lebih lanjut;
  8. Menyelenggarakan kajian berkas permohonan dan berita acara pemeriksaan lokasi sebagai dasar menetapkan perizinan akan diterbitkan taua ditolak;
  9. Melaksanakan penerbitan permohonan perizinan dan non perizinan yang telah memenuhi persyaratan teknis dan administrasi;
  10. Memberikan saran dan/atau pertimbangan kepada atasan mengenai langkah atau tindakan yang diambil sesuai bidang tugasnya;
  11. Mengevaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas; dan
  12. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.